Tips Membuat Site Map Blog dan Daftar Isi WordPress

Terkadang kita beranggapan bahwa daftar isi dengan site map adalah sama, padahal keduanya berbeda. Daftar Isi Blog ibarat daftar isi sebuah buku yang berfungsi mempermudah pembaca dalam menjelajah blog kita. Daftar isi blog kita biasanya kita tujukan pada pembaca dan pengunjung blog kita sedangkan sitemap blog biasanya ditujukan pada mesin pencari seperti google dalam mempermudah penelusuran dan mengindeks tulisan kita.


Walaupun sitemap bisa kita jadikan daftar isi, namun tampilannya kurang menarik untuk pembaca karena ditujukan untuk mesin pencari. Karena itu daftar Isi sebaiknya kita buatkan halaman khusus di blog kita seperti contoh daftar isi blog ini, sedangkan sitemap cukup kita buat dalam bentuk file yang bisa didaftarkan ke google, yang biasanya berupa file xml yang tersimpan di direktori utama.

Cara yang dilakukan untuk membuat daftar isi dan sitemap bisa kita lakukan dengan mudah adalah bantuan plugin yang disediakan oleh wordpress.org. Sebenarnya 1 plugin dari dagon design saja sudah cukup untuk membuat sitemap dan daftar isi blog sekaligus, namun umumnya yang “all in one” kurang optimal. Karena itu kita perlu 3 plugin yang dengan 3 fungsi berbeda yang masing-masing spesifik. 1 plugin berfungsi khusus untuk membuat sitemap blog, 1 plugin untuk membuat daftar isi blog berdasarkan kategori, dan 1 plugin lagi untuk membuat daftar isi blog berdasarkan tanggal atau arsip.
Cara Membuat Daftar Isi Berdasarkan Kategori

1. Install Plugin Dagon Design dengan download langsung disini lalu upload dibagian “Plugins – upload“. Atau coba cari plugin Dagon Design di bagian “Plugin – search“.
2. Setelah selesai instalasi, langsung aktifkan plugin Dagon Design dengan klik “activate plugin” di halaman setelah instalasi, atau di bagian “Plugins – Installed – Dagon Design Sitemap Generator“.
3. Klik plugin Dagon Design yang sudah terinstall di bagian “Settings – DDSitemapGen“
4. Lakukan konfigurasi plugin sesuai keinginan lalu klik “Update Option“.
5. Buat halaman baru dengan nama “Daftar Isi” atau nama lain sesuka kita.
6. Copy-Paste kode berikut di bagian isi halaman dan yakinkan mode penulisan adalah HTML bukan Visual.

Publish halaman “daftar isi” tersebut dan cek hasilnya. Contoh: daftar isi blog ini berdasarkan kategori.
Cara Membuat Daftar Isi Berdasarkan Tanggal – Arsip

1. Install Plugin WP-Archives dengan mencari plugin ini di bagian “Plugin – search“.
2. Setelah selesai instalasi, langsung aktifkan plugin WP-Archives dengan klik “activate plugin” di halaman setelah instalasi, atau di bagian “Plugins – Installed – WP-Archives“.
3. Buat halaman baru dengan nama “Arsip” atau nama lain sesuka kita.
4. Copy-Paste kode berikut di bagian isi halaman dan yakinkan mode penulisan adalah HTML bukan Visual.

Publish halaman “arsip” tersebut dan cek hasilnya. Contoh: daftar isi blog berdasarkan tanggal atau arsip.
Cara Membuat Site Map Blog

Sitemap blog sebenarnya sudah dibuat juga ketika kita mengaktifkan plugin dagon design, namun pilihannya sangat terbatas sehingga kurang optimal. Banyak plugin lain yang juga bisa membuat sitemap, namun plugin terbaik untuk sitemap adalah “XML-Sitemap Generator For WordPress”.

1. Install Plugin “Google XML-Sitemaps” dengan mencari plugin ini di bagian “Plugin – search“.
2. Setelah selesai instalasi, langsung aktifkan plugin “Google XML-Sitemaps” ini dengan klik “activate plugin” di halaman setelah instalasi, atau di bagian “Plugins – Installed – Google XML-Sitemaps“.
3. Klik plugin “Google XML-sitemaps” yang sudah terinstall di bagian “Settings – XML Sitemap“
4. Lakukan konfigurasi plugin sesuai keinginan lalu klik “Update Option“.

Plugin ini otomatis mendaftarkan sitemap blog kita ke berbagai mesin pencari, namun untuk lebih meyakinkan kita perlu mendaftarkan sendiri sitemap blog kita di google webmaster.
Cara Mendaftarkan Site Map Blog Di Google

Mendaftarkan Site map blog kita di google bisa dilakukan setelah blog kita terdaftar di google. Untuk itu bisa lihat tulisan sebelumnya mengenai cara mendaftarkan blog kita di google.

1. Login ke Google Webmaster.
2. Klik blog yang sitemapnya ingin kita daftarkan.
3. Di bagian dashboard google webmaster untuk blog tersebut klik “Site Map“.
4. Di bagian sitemap, klik “submit a sitemap“.
5. Masukkan nama file sitemap yang telah kita buat (biasanya sitemap.xml) dan klik “submit”
6. Sitemap kita sudah terdaftar dan kita bisa cek 1 jam kemudian untuk melihat ada tidaknya pesan error untuk sitemap tersebut.

Kesimpulan

Keempat cara di atas sebaiknya kita lakukan untuk mempermudah penjelajahan blog kita tidak hanya oleh mesin pencari seperti google tapi juga oleh pembaca dan pengunjung blog kita. Bila ada kesulitan dalam menerapkan cara-cara di atas silahkan tinggalkan komentar disini.

sumber : http://www.bloggerpemula.info

4 responses to “Tips Membuat Site Map Blog dan Daftar Isi WordPress

  1. Aduh bro… Penjelasannya banyak amat, jadi bingung ane, hehehe… harus memisahkan menjadi 3 plugin kan bisa berefek samping loading speed page juga lambat. Plugin dari Dagon Design ini dengan Google XML Sitemap itu beda atau sama? misal kita install dua-duanya gpp? Ntar dianggap spam ama google kan lucu…😀 ane masih newbie om, butuh bimbingan banyak, hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s