Tips Mencegah Virus masuk ke komputer

Virus yang masuk ke komputer memang sangat menjengkelkan, sangat mengganggu dan ini pasti akan menghambat pekerjaan kita. Ada pepatah mengatakan “lebih baik mencegah dari pada mengobati”.

Nah cara ini yang coba kami berikan pada tips dan trik kali ini. Bagaimana cara mencegah virus agar tidak masuk kekomputer? Sebelum dijelaskan mungkin sedikit dijelaskan mengenai virus. Virus adalah sebuah atau beberapa program yang berjalan di luar kendali user. Mayoritas virus bersifat merugikan dan dapat merusak data. Sebuah virus yang masuk ke komputer biasanya lewat data yang saling transfer dari media penyimpanan luar ke hardisk yang ada dikomputer, selain itu virus juga biasanya masuk melalui jaringan network, khususnya yang terhubung ke internet.
Nah sekarang kita sudah tahu bagaimana cara virus masuk ke komputer, jadi sangat mudah bukan untuk mencegah virus agar tidak masuk ke komputer? Hanya dengan tidak melakukan saling transfer data dari luar ke dalam harddisk, dan tidak menghubungkannya ke internet.


Jika kita fikir lebih dalam lagi, justru larangan diatas mungkin sebagian bisa memenuhi tapi bagi sebagian besar orang bisnis benar2 membutuhkan. Oleh karena itu, ada cara lain untuk mencegah agar virus tidak bisa masuk ke komputer, yakni dengan menggunakan antivirus yang benar-benar cocok dengan komputer. antivirus bukanlah senjata utama dalam pencegahan virus. tapi perannya sebagai pelindung komputer tidak dapat dipandang sebelah mata. menggunakan antivirus yang selalu scanning memang menguntungkan, tapi kadang ini justru memperlambat komputer. memilih antivirus adalah hal yang penting, semakin banyak fitur yang ditawarkan biasanya semakin kuat juga antivirus itu. melakukan update antivirus adalah hal terpenting dalam pencegahan virus, karena hal ini dapat memperkuat antivirus. antivirus yang tidak di-update seperti prajurit yang tidak memiliki senjata.

Langkah selanjutnya adalah scanning terhadap setiap device yang akan masuk ke komputer. biasanya virus berasal dari disket, FD, CD bahkan DVD. tak jarang juga menyebar melalui network. tindakan ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada virus di dalam device tersebut. setelah semua itu dilakukan, melakukan scanning secara rutin misalnya seminggu sekali terhadap seluruh isi komputer dengan antivirus update-an terbaru akan lebih menjaga keamanan komputer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s