Office 2003 Error karena OPA11.BAK Terhapus??

Sekedar sharing aja,.. Kejadian ini baru saja saya alami minggu ini. Awalnya bermula dari kegemaran saya yang selalu ‘gatal’ coba-coba download software baru. Ketika melihat di salah satu website yang menampilkan sofware untuk mempercepat kinerja PC dan membersihkan file-file yang ‘kurang bermanfaat’, maka tanpa pikir panjang saya langsung men-download software CCleaner. Setelah selesai mendownload sofware tersebut, langsung saja saya praktik-kan pada laptop saya, dan ternyata memang ‘sedikit’ membantu kinerja laptop saya. Namun pada praktiknya, saya tidak terlalu memperhatikan secara detail apa yang saya lakukan dengan software tersebut, termasuk ketika ada pilihan bahwa apakah saya akan menghapus file-file yang dinyatakan ‘tidak diperlukan’ dalam PC tersebut oleh sofware CCleaner. Langsung saja saya klik “OK”.

setelah beberapa lama, ternyata tanpa saya sadari,  pilihan saya untuk membiarkan CCleaner menghapus file-file yang dianggap ‘tidak perlu’ tersebut berakibat cukup fatal. Hal ini baru saya ketahui ketika akan membuka file Ms Word, ternyata tidak bisa, karena aplikasi tersebut membutuhkan file OPA11.bak, yang tanpa sengaja terhapus akibat pilihan “OK” ketika ada opsi hapus file pada penggunaan CCleaner. setelah coba tanya sana-sini, cari di google, ternyata sulit sekali menemukan solusinya. Install ulang Office 2003 pun tidak membuahkan hasil, karena pada waktu install ulang, aplikasi nya masih tetap mencari file OPA11.bak. Pusing,…😦

Sempat terpikir untuk melakukan install ulang windows, tapi hal itu saya batalkan karena akan membutuhkan waktu yang lama dan driver motherboard nya pun entah kemana. akhirnya saya melalui informasi di salah satu website, saya pun mencoba langkah – langkah sebagai berikut :

1. Uninstall Office 2003 yang sudah ada dengan menggunakan sofware Uninstall Expert.

2. Install kembali Office 2003 tetapi dengan versi/ukuran file instalasi yang berbeda. pada awalnya aplikasi office 2003 yang saya gunakan berukuran hampir 800 MB, tetapi pada instalasi kedua saya menggunakan office 2003 yang berukuran 630 MB,..

Setelah harap-harap cemas takut langkah ini tidak membuahkan hasil yang baik, akhirnya “BERHASIL”…!!! Aplikasi office 2003 pun dapat kembali saya gunakan di PC saya. Mungkin kalau ada teman-teman yang mempunyai trik tersendiri, silahkan informasikan kepada saya. mari kita sharing sama-sama,..

Leave a Reply

