Back up File Otomatis dalam Jaringan (Network)

Quantcast

Salah satu aktivitas yang penting tapi malas kita kerjakan adalah membackup data. Membackup data sangat penting  karena hanya dengan membackup data maka kita tidak perlu pusing akibat kehilangan data gara-gara virus atau hard disk error atau karena komputer tiba-tiba mati. Namun membackup juga bukan perbuatan mengasyikkan untuk rutin kita kerjakan karena harus manual melakukannya. Proses backup data seharusnya menjadi prioritas utama dalam menjaga sistem komputer. Anda tidak akan pernah tahu kapan hard disk crash, memory mogok, atau tiba-tiba kipas prosesor mati. Status waspada, tentunya perlu Anda sematkan jika komputer Anda merupakan server skala kecil yang digunakan untuk menyimpan data-data penting. Anda wajib melakukan proses backup berkala untuk memastikan data-data selalu aman.

Aplikasi Cobian Backup layak anda coba untuk membantu membackup file-file penting anda.

Software backup yang andal biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Namun, Cobian Backup bisa diperoleh dengan gratis. Tool backup ini memiliki banyak kemampuan dalam mem-backup data-data penting di komputer. Dalam proses backup, Anda juga harus menentukan tempat menaruh file backup-nya. Oleh karena itu, Cobian Backup memberikan option untuk melakukan backup pada satu hard disk atau hard disk lain yang berada di komputer lainnya dengan menggunakan FTP. Jika file yang ingin Anda backup terlalu besar, Cobian Backup menyediakan pilihan untuk mengkompresi file Anda.

Cobian Backup mendukung beberapa metode kompresi dan enkripsi yang kuat serta report yang lengkap tentang hasil dari proses backup yang dilakukannya.

Dengan pertama kali mengklik “Create a New Task” untuk memulai, maka yang menarik dari aplikasi ini adalah dapat sekaligus melakukan banyak kegiatan backup dengan urutan proses/fiture yang tersedia  diantaranya : pe-nama-an suatu proses/kegiatan backup (dari banyak proses) –> sumber dari direktori/file yang akan akan dibackup –> tujuan direktori/file yang akan disimpan, bisa di PC lokal maupun di PC manapun dalam jaringan LAN –> penentuan jadual/waktu kapan direktori/file mau dibackup secara otomatis –> kemampuan archives/kompresi direktori/file dalam bentuk zip/7zip –> dan masih banyak lagi.

Clip_3

Sumber : http://www.chip.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s