Langkah sebelum Install Windows 7

Fenomena Windows 7 memang hebat,… banyak sekali orang yang tertarik ingin mencobanya,.. Tahun lalu, Majalah CHIP  memberikan bonus bagi pembacanya berupa DVD Windows 7 RC yang dapat dipergunakan sampai Juni 2010. Pada akhir 2009, Microsoft secara resmi telah meluncurkan Windows 7 yang  untuk para pengguna komputer, yang dari segi harga cukup mahal. Tetapi sekarang sudah banyak beredar DVD Windows 7 yang tidak original sehingga keinginan kita untuk ‘mencicipi’ windows 7 dapat terpenuhi.

Namun alangkah lebih baiknya sebelum kita menginstall windows 7, ada beberapa hal yang harus kita ketahui, diantaranya adalah apakah spesifikasi komputer yang kita miliki dapat beroperasi dengan baik bila menggunakan windows 7.  Ada aplikasi yang dapat membantu kita untuk mengetahui hal tersebut, aplikasi itu bernama Windows 7 Upgrade Advisor. Ia berfungsi memindai komputer dan memberitahukan apakah komputer yang digunakan bisa menjalankan Windows 7.

Saat dijalankan aplikasi akan memeriksa empat kebutuhan sistem:

  • RAM. Windows 7 membutuhkan RAM minimal 1 GB untuk versi 32-bit dan 2 GB untuk 64-bit.
  • Hardisk. Windows 7 membutuhkan 16 GB ruang hardisk untuk versi 32-bit dan 20 GB untuk 64-bit.
  • Kecepatan CPU. Kecepatan CPU minimal bagi Windows 7 adalah 1 GHz.
  • Kemampuan Windows Aero.

Windows 7 Upgrade Advisor juga bisa memberitahu apakah pengguna bisa melakukan Upgrade langsung ke Windows 7 atau harus melakukan instalasi dari awal. Aplikasi itu juga akan memeriksa perangkat serta program yang terpasang.

Jadi,…. sebelum terlanjur meng-install windows 7 di PC/laptop anda,.. pikir2 terlebih dahulu,.. 🙂

Leave a comment